SELAMAT MENEMPUH UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2008-2009

4.3.09

TAMPILAN DALAM BLOG, HARUS ADA ???

Paling tidak ada 6 faktor yang bisa mempengaruhi prioritas penampilan website yang kita miliki dalam pencarian dari sebuah Search Engine.
Hal-hal tersebut yaitu :
1. Content
Sudah pasti isi dari website kita harus mencerminkan “kata kunci” yang kita cari dari Search Engine. Bilamana kita ingin website kita yang bertema “alam” dicari banyak orang, maka sangat baiklah kita bila memuat kata-kata seperti “hutan”, “lapangan”, “gunung”, “kemah”, di dalam halaman website kita. Content merupakan hal utama yang bersifat sebagai filtering dalam pencarian website kita. Konten yang sama sekali tidak memuat kata kunci yang dicari, sama sekali tidak akan ditampilkan di layar hasil pencarian.
2. Backlink
Backlink merupakan link website kita yang ditampilkan di website lain. Backlink ini akan seperti menilai seberapa populer website kita di mata umum, dan bagaimana orang lain mereferral website kita untuk dibuka. Backlink tidak terbatas hanya pada web resmi/domain utama. Dapat pula dipakai pada sub-domain/hostingan ataupun blog-blog kecil.
3. Domain
Nama domain yang memuat kata kunci yang dicari, sudah jelas akan ditampilkan di hasil pencarian (selanjutnya pada kategori peringkat). Namun hal ini tidak bersifat sebagai penyaring utama, karena banyak dijumpai situs-situs dengan nama domain tidak sesuai kata kunci, lebih populer dibandingkan dengan nama domain yang memiliki kata kunci.
4. Title dan Meta Tags
Title dan Meta tags merupakan tag pada halaman HTML yang memuat kata kunci utama dari tiap tiap halaman web kita. Salah satu penulisan meta tags yang efektif dapat dilihat pada http://freewebsubmission.com/meta-tags.html dan masih banyak beberapa situs lainnya yang memuat cara-cara penulisan Title dan Meta Tags yang baik
5. Sitemap
Sitemap merupakan sebuah item yang terletak biasanya di halaman depan (frontpage) yang memuat peta link dari website kita. Sitemap ini akan memudahkan spider (suatu alat/agen dari search engine) yang akan memudahkan mencari kata-kata kunci pencarian dan menelusuri website kita. Spider ini pula yang akan mencatat segala bentuk update dari website kita dan mencatatnya pada database Search Engine. Untuk membuat sitemap bisa di lihat di http://www.auditmypc.com/free-sitemap-generator.asp
6. Natural Listings
Natural Listings merupakan kegiatan mencantumkan website kita pada Search engine Umumnya ada 4 buah search engine yang dapat digunakan bagi kita untuk mendaftarkan website kita, yaitu
- Google.com melalui http://www.google.com/addurl
- Yahoo.com melalui http://www.submit.search.yahoo.com
- MSN.com melalui http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx
- Dmoz.org melalui http://www.dmoz.org
Dan masih banyak direktori direktori search engine kecil lainnya. Natural listing ini merupakan syarat utama bagi website kita agar dapat ditemukan di search engine mereka. Terlebih, dengan adanya program seperti Pay Per Click (Sponsored) dari Google, secara langsung website kita akan ditampilkan di urutan paling atas dibanding website lainnya yang merupakan hasil pencarian. Contohnya ditunjukkan pada gambar berikut :
Kurang lebih 6 hal tersebut yang perlu diperhatikan dalam membentuk suatu strategi publikasi website agar mudah ditemui oleh Search Engine. Mengingat bahwa Search Engine adalah tempat utama parta penjelajah internet dalam mencari informasi, dan tak kurang dari 500 juta pencarian tiap harinya didapat dari seluruh Search Engine (terutama Google dan Yahoo) maka bukan suatu hal yang berlebihan bila kita katakan hasil pencarian search engine website kita hampir 100% menunjukkan popularitas website kita.
Selain itu teman-teman bisa mencoba paduan/cara-cara lain yang mungkin dikombinasikan untuk menghasilkan website dengan urutan tampilan pertama pada Search Engine. Mungkin dengan berlangganan AdSense, iklan, ataupun cara-cara lainnya.

LINK RELEVAN :
http://www.artikel-it.com/2008/03/18/tips-seo-untuk-optimasi-website-pada-search-engine/

Tidak ada komentar: